KB TK SD SMP SMA SMK

Terakreditasi A

SEKOLAH MAITREYAWIRA
BATAM

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Pengumuman Lainnya

Perayaan Duan Wu Jie (端午节)

Setiap Tanggal 5 bulan 5 penanggalan kalender Imlek, Masyarakat Tionghoa dalam tradisinya selalu memperingati sebagai Hari Raya Duan Wu atau Duan Wu Jie [端午节]. Hari Raya Duan Wu ini telah diperingati semenjak 2000 tahun yang lalu dan merupakan tradisi yang tak terpisahkan dalam kebudayaan Masyarakat Tionghoa. 2 kegiatan penting yang masih dapat kita temui sampai saat ini dalam memperingati Festival Duan Wu adalah makan Bak Cang/Zongzi dan Kegiatan perlombaan Perahu Naga.

 

Terdapat banyak sebutan untuk Festival Duan Wu, diantaranya adalah  Wu Ri Jie [午日节]、Chong Wu Jie [重五节],Wu Yue Jie [五月节]、Yu Lan Jie [浴兰节],Tian Zhong Jie [天中节]、dan Shi Ren Jie [诗人节]. Dalam Bahasa Inggris, Festival Duan Wu sering disebut dengan Dragon Boat Festival yaitu Festival Perahu Naga.

 

Terdapat banyak sekali versi mengenai asal usul tentang Festival Duan Wu, diantaranya adalah Cerita tentang kematian Tokoh Patriot Qu Yuan [屈原], Cerita tentang Perdana Menteri Wu Zi Xu [伍子胥]  di Negara Chu yang Setia dengan Negaranya dan juga Cerita tentang Anak yang berbakti Chao E [曹娥].

 

Tetapi versi yang paling berpengaruh dan paling banyak diceritakan adalah mengenai kematian Tokoh Patriot Negara Chu yang bernama Qu Yuan di zaman Chun Qiu Zhan Guo [春秋战国].

 

Sumber

Copyright © 2016 Sekolah Maitreyawira。All Rights Reserved.